TENTANG GUNYAM

Selera Humor Si Bos, Mirip Kentang Goreng

Tertawa adalah hak segala bangsa. Hal paling mendasar dalam kehidupan yang menjadi salah satu ciri seseorang bahagia. Walau kadang ada tawa palsu, tapi pada hakikatnya tawa adalah sebuah keikhlasan. Tertawa adalah bentuk komunikasi dasar yang dilakukan manusia bersama tangis. Membuat orang tertawa bukan perkara mudah. Tidak semua upaya melucu lantas bisa membuat orang tertawa. Kelucuan […]

Kelas Inspirasi Jalan-jalan Tanpa Sia-sia

  Awalnya gue berpikir, pengin jalan-jalan terus keliling Indonesia, kalau bisa keliling dunia. Tapi kalau jalan-jalan aja, banyak ngabisin uang, tanpa melakukan sesuatu yang bermanfaat buat orang lain, rasanya kok jadi sia-sia banget ya. Lalu gue kembali berpikir, kegiatan apa ya yang bikin gue bisa tetep jalan-jalan, tapi juga bisa memberikan manfaat untuk orang. Lalu […]

Jabatanku Tiga Periode atau Tujuh Tahun Hmmm

Periode masa jabatan presiden, baru-baru ini jadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat baik kelas menengah, bawah, maupun atas. Kalau yang tinggal kelas gimana? Saya ndak tahu karena ndak pernah tinggal kelas keles. Polemik ini muncul ternyata diawali oleh pernyataan salah satu anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berkenaan dengan pengusulan agar masa […]

Antara Anyer dan Jakarta, Masihkah Anyer Melegenda?

Lagu Antara Anyer dan Jakarta adalah salah satu tembang yang sempat popular pada tahun 1980-an. Lagu legendaris ini diciptakan oleh Oddie Agam yang kemudian dipopularkan oleh Sheila Majid. Begitu kira-kira kata Wikipedia.

Kopi Sarasa: Puisi-Puisi Shinta Vaira

DIALOG ARABICA

Menikah Tak Cuma Butuh Cinta Tapi Juga Sertifikat

Menikah adalah salah satu ibadah terpanjang yang harus dijalani oleh umat manusia. Sepasang suami istri akan saling berbagi kasih dan cinta untuk membina rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan warohmah (Samawa).  Menikah adalah impian banyak orang tapi banyak juga yang hanya bermimpi untuk menikah tapi akhirnya ditinggalkan pas lagi sayang-sayangnya. Namun demikian, perihal kasuistik asmara […]

Masyarakat Alergi Pelayanan Publik, Tapi Enggak Buat KUA

Alergi bukan hanya bicara soal gatal-gatal akibat memakan sesuatu atau terkena sesuatu. Namun alergi bisa juga merambah ke dalam birokrasi.

Cita Cita Milenial Sederhana “Izinkan Aku Jadi PNS”

Pembukaan moratorium rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejak 2018 lalu, benar benar disambut menggila oleh generasi muda. Tak kalah heboh, para orang tua pun seolah mendesak semua putra putrinya untuk ikut dalam tes tersebut.

Review Film Perempuan Tanah Jahanam: Bengisnya Mimpi Joko Anwar

Sutradara Joko Anwar kembali membuat karya film terbarunya bergenre horor tapi dengan warna baru. Film itu berjudul Perempuan Tanah Jahanam.

Kembalinya Aku

Aku kembali seperti yang sempat kujanjikan padamu.