in

Si Kentang yang Jerawatan

Alohaaa! Siapa di sini yang suka khawatir sendiri sama kondisi kulit wajah? Kalau kamu adalah salah satunya, ayo kita bersatu hihihi. Terkadang yang suka bikin bete dari masalah semua jenis kulit itu ketika hadirnya si jerawat, bisa dibilang dia musuhnya para cewe yang selalu ingin memilki kulit glowing kayak orang-orang koweyahh (red:korea). Tapi kalian tahu gak sih? kalau kulit wajah juga ada jenisnya lho, mulai dari kulit kering, normal, berminyak, juga acne prone skin.

Terus sebenarnya apa sih jerawat itu?

Nah seperti yang dilansir dari Halodoc, jerawat adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Aduh, baca pengertian dari jerawat aja udah bikin pusing banget, sama susahnya kayak ngertiin doi (kalau punya).

Jadi apasih pemicu timbulnya jerawat?

Yuk! mari kita kenali beberapa pemicunya, diantaranya seperti produksi hormon androgen berlebih atau saat terjadi perubahan hormon pada masa menstruasi yang pasti akan memicu timbulnya jerawat. Ada juga yang diakibatkan oleh stres berlebih. Hal yang paling sulit untuk dihindarkan adalah faktor genetika, karena jika salah satu orang tua memiliki masalah jerawat, maka akan besar peluang untuk keturunannya memiliki kulit yang berjerawat juga. Terakhir pemicu sepele yang sering kita abaikan, namun cukup berpengaruh adalah gaya hidup serta pola makan kita sehari-hari. Pasti kalian langsung ngerasa kan? Sama kok, kalian tidak sendiri.

Sebenarnya ini semua wajar-wajar saja terjadi pada kulit kita, karena itu menandakan bahwa kita manusia normal yang memiliki pori-pori. Tapi mulut dan jempol dari netizen maha benar ini yang suka bikin insecure hadir. Akhirnya memunculkan istilah seperti kentang (kena tanggung) dan good looking yang secara tidak lansung menunjukan kasta dari kulit dan penampilan kita. Pokoknya bakalan jadi gengges banget deh nih si kulit berjerawat buat kalian yang pengin banget jadi kaum good  looking, iya kan? Iya dong pasti.

Bagaimana cara menghadapi jerawat?

Tak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk datang ke klinik estetika atau dokter kulit untuk menghilangkan si jerawat ini. Menjalani beberapa treatment serta menggunakan skincare yang beragam. Terus baiknya gimana dong menyikapi kulit yang berjerawat ini? Apalagi sekarang ada protokol kesehatan yang mewajibkan pakai masker. Oke beb, tenang~

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat adalah:

  • Mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih wajah
  • Mengelola emosi dengan baik baik, seperti stres atau lainnya
  • Mengganti masker setiap harinya
  • Mengurangi make-up, dan melakukan double cleansing
  • Menjaga kebersihan tubuh dengan selalu mandi setelah beraktivitas
  • Menerapkan pola hidup sehat

Nah itu dia yang mungkin bisa membantu kamu dalam mengurangi pertumbuhan jerawat, supaya bisa kinclong dan jadi kaum glowing. Oh iya, kalian juga harus sabar ya kalau ada jerawat, gak usah panik apalagi minder,  kita semua cantik kok, percayadeh! Tanpa standarisasi kecantikan yang hadir di masyarakat, karena cantik itu gak melulu kurus, putih, langsing, kan? Yuhuuuuu~

 

Baca juga : Menjadi Wanita Bermartabat Gak Seenak Makan Martabak

What do you think?

Ditulis oleh Alda Cahya P

Suka nulis, sambil main gitar kebanyakan nyanyinya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
sejarah bangsa

Membangun Bangsa dengan Sejarah

Omnibus Law

Menolak Kacau Sebab Omnibus Law