in

Inilah Produk-Produk Indonesia yang Paling Popular di China!

Hai, Penggunyam! Kalian pasti sudah nggak asing dong dengan produk-produk impor dari China. Bahkan kerap kali berita impor produk dari China ini menjadi headline di media-media massa. Namun, tahukah kalian, sebenarnya China bukan hanya negara pengimpor barang terbesar ke Indonesia, tetapi juga menjadi negara tujuan ekspor terbanyak produk dari Indonesia. Jadi, sebenarnya kedua negara secara ekonomi sudah sangat saling terikat dan saling membutuhkan.

Seperti yang saya kutip dari situs berita online cnbcindonesia setidaknya ada 10 golongan barang yang dieskpor paling banyak hingga Juni 2020. Produk-produk tersebut di antaranya: lemak dan minyak hewan/ nabati; besi dan baja; mesin dan perlengkapan elektrik; karet dan barang dari karet; mesin dan peralatan mekanis; pulp dari kayu; bijih, kerak, dan abu logam; bahan kimia organik; pupuk; biji dan buah mengandung minyak. Untuk diketahui, pasar China itu sangat besar sehingga kebutuhan akan barang-barang tersebut sangat tinggi. Karena pasar yang besar ini pula, Indonesia juga sangat membutuhkan China untuk meningkatkan pendapatan ekonomi negara.

Di dalam kehidupan sehari-hari, barang-barang di atas jarang sekali saya temukan, karena kebanyakan adalah barang industri. Akan tetapi, masih banyak sebenarnya produk Indonesia yang sangat mudah saya jumpai di supermarket ataupun minimarket. Ada yang bisa tebak ‘kah barang apa saja?

Camilan ini Ada di China Lho!

Yups, Indomie.

Selain Indomie, ada banyak juga bumbu instan seperti halnya bumbu soto, bumbu rendang, bumbu pecel.Biasanya bumbu-bumbu ini hanya dijual di supermarket besar itu pun tidak sekomplet di Indonesia. Bumbu yang tersedia hanya bumbu dari beberapa makanan Indonesia yang terkenal.

Ada juga makanan ringan seperti Nabati, Tango, permen Mintz, permen Kopiko pernah saya temukan di beberapa supermarket. Malah makanan ringan Nabati sering saya temukan di toko-toko biasa saking terkenalnya.

produk kopiko

Kopi Indonesia juga jadi barang terkenal di sini. Setiap tahunnya, ekspor produk kopi ke China itu semakin meningkat.

produk kopiko

Tidak hanya biji kopi atau olahan kopi yang diekspor, malah kopi instan juga sekarang lumayan banyak membanjiri pasar China. Saya juga sering menemukan produk kopi instan white koffie di beberapa supermarket di sini.

Lebih Mudah Pakai Online Shop!

Selain di supermarket dan minimarket, sebenarnya mencari produk Indonesia itu lebih mudah menggunakan online shop. Produk yang tersedia di toko online lebih banyak, misalnya saja terasi, kerupuk, bahan-bahan untuk membuat roti seperti blue band, obat-obatan seperti Fresh care, atau bahan-bahan kosmetik seperti Wardah, dan lain sebagainya. Soal harga jangan ditanya deh, yang pasti bisa puluhan kali lipat dari harga di Indonesia.

Produk wardah

Kalian tahu ngga, kerupuk udang Indonesia itu sangat terkenal sekali loh di China. Malah dibeberapa restoran China tak sedikit yang menyediakan kerupuk udang khas Indonesia ini di beberapa menu makanannya.

produk kerupuk

Beberapa teman China saya ternyata sangat antusias dengan yang namanya sarang burung walet Indonesia. Setelah lama tinggal di sini, malah saya baru tahu kalau 70% sarang burung walet di China itu diimpor dari Indonesia, sisanya di impor dari Malaysia dan Thailand. Wah keren juga ternyata. Padahal, harga sarang burung walet ini nggak murah loh, kisaran harganya belasan sampai puluhan juta per kilogramnya. Amazing!!

Di tahun 2019 saya juga sempat mengikuti acara pameran buah-buahan internasional. Banyak sekali negara yang mengikuti acara ini, termasuk negara kita tercinta, Indonesia. Ternyata buah-buahan tropis yang nggak bisa tumbuh di China seperti rambutan, manggis, salak menjadi buah unggulan juga yang ditawarkan untuk diimpor ke China. Buah durian yang dijual di China banyak diimpor dari Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Saling Membutuhkan, Sulit Dipisahkan

Dalam urusan ekonomi China dan Indonesia sebenarnya sulit dipisahkan, keduanya saling membutuhkan dan saling ketergantungan. Ah, semoga saja ke depannya lebih banyak lagi produk unggulan Indonesia yang masuk ke pasar China dan mengharumkan bangsa ya!

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Baca juga: Melihat China Melawan Covid-19

What do you think?

Ditulis oleh Nurul Rachmah

Nurul Siti Rachmah (梁努鲁), 27 tahun. Mahasiswi di Jinan University di Guangzhou. Tinggal di Kota Guangzhou. Saat ini belajar ramuan herbal, bikin konten video kehidupan di China. Kunjungi Instagramnya @lunnurul, Nurul juga membagi pengalamannya di sana.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Perbincangan Secangkir Kopi

Kotak Pandora: Sebuah Alegori tentang Perempuan